Jakarta: SHAREit, aplikasi pencarian, konsumsi, dan berbagi konten global milik Smart Media4U, mengklaim menempati posisi pertama secara global dalam hal pertumbuhan diantara sumber-sumber media oleh The AppsFlyer Performance Index Edition XI.
Pertumbuhan SHAREit diklaim mencapai 160 persen dalam jumlah instalasi aplikasi, dan peningkatan ini berbarengan dengan lonjakan basis klien SHAREit, yang membuat SHAREit berada di posisi teratas di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.
Indonesia menjadi salah satu negara terkuat di Asia Tenggara yang mendominasi penggunaan SHAREit selama masa pandemi.
“Kami sangat bangga menerima pengakuan dari ApssFlyer dan sangat optimistis bahwa prestasi tersebut membuktikan kerja keras dan transformasi SHAREit sebagai platform konten yang holistik saat ini, ” kataMr. Karam Malhotra, Partner & Global VP, SHAREit.
Berdasarkan survey dari Internet Service Provider Association (APJII) dan Indonesia Survey Center (ISC) ditemukan perubahan kebiasaan yang signifikan diantara pengguna internet selama masa pandemi Covid-19. Pengguna mayoritas menggunakan internet selama lebih dari 8 jam per hari.
Konten yang paling banyak diakses adalah konten edukasi dan website sekolah. Sementara itu, untuk konten hiburan yang paling sering diakses adalah video online sebesar 49,3 persen, Game online sebesar 16,5 persen, dan musik online sebesar 15.3 persen.
Ada lima alasan utama pengguna mengakses internet, yakni media sosial, komunikasi pesan, main game online, dan belanja online. Sehubungan dengan terjadinya Adaptasi Kebiasaan Baru, teknologi saat ini menjadi kebutuhan utama masyarakat, namun juga terjadi pergeseran besar dalam penggunaannya.
Sebanyak 73,2 persen masyarakat Indonesia tidak lagi mengakses internet melalui PC dan hanya 19,7 persen dari total responden yang menggunakan laptop untuk mengkases internet harian.
Alasan terjadinya pergeseran adalah meningkatnya penggunaan smartphone untuk kebutuhan internet harian, seperti untuk bekerja, sosial, hiburan termasuk bermain game. Berdasarkan data dari Statisca, ada 50,8 juta pengguna mobile game di Indonesia di tahun 2020 dan diprediksi akan meningkat sebanyak 21,6 persen di tahun 2025.
Kebijakan kerja dari rumah #diRumahAja dan anjuran menjaga jarak yang ditetapkan pemerintah di tengah pandemi di Indonesia saat ini telah menumbuhkan bisnis berbasis berbagi file dan penyedia konten secara signifikan, dan membuat SHAREit memimpin di industri ini.
Menurut We Are Social digital report 2020, 94 persen pengguna internet menggunakan smartphone dan menempatkan SHAREit di posisi #4 dari jumlah download di tahun 2019.
“Indonesia merupakan negara yang perekonomiannya digerakkan oleh perangkat seluler dan industri hiburan digitalnya tampil sebagai sektor yang amat menarik,” kata Aat Pangestu Hadi, Country Sales Director, SHAREit Indonesia.
“Ke depan, saya ingin menjalin hubungan dan asosiasi penting sehingga kami bisa menjadi penyedia hiburan holistik.”
SHAREit diklaim memiliki lebih dari 1,8 miliar pengguna di seluruh dunia. Sementara, jumlah pengguna aktif bulanan (MAU) SHAREit telah menembus 500 juta penggunadi seluruh dunia, tersedia dalam 45 bahasa lokal di 200 negara.