Teknologi robotik terus dikembangkan untuk membantu berbagai pekerjaan manusia di berbagai hal. Termasuk untuk membantu para tugas sales di dealer menawarkan mobil kepada konsumen.
Pengembangan robotik ini dikembangkan oleh Hyundai dan diberi nama DAL-e. Nama DAL-e diambil dari singkatan Drive you, Assist you, Link with You Experience.
Bentuk robot ini dirancang dengan desain body humanoid, dengan tinggi 1,1 meter dan berat 80 kg. Ukuran bisa dibilang cukup ringkas jika dibandingkan robot pelayan lainnya yang biasanya berukuran cukup besar.
Robot ini di desain untuk menunjang pelayanan dealer terhadap konsumen yang datang. DAL-e dapat melayani secara otomatis karena sudah dilengkapi dengan teknologi kecerdasan buatan dan dilengkapi dengan fitur pengenalan wajah serta sistem komunikasi berdasarkan bahasa.
Nantinya robot ini bisa digunakan untuk melayani konsumen sehari-hari. Selain diletakan di dealer Hyundai, DAL-e juga bisa digunakan di dealer KIA.
DAL-e juga dibekali fitur fisik yang menyenangkan untuk berinteraksi dengan pelanggan. Ketika konsumen masuk ke dalam dealer maka DAL-e akan langsung menyambut, termasuk mengingatkan konsumen apa bila tidak mengenakan masker.
Kemudian mereka dapat terlibat dalam dialog otomatis dan lancar dengan pelanggan serta memberikan informasi yang berguna tentang produk dan layanan serta menanggapi perintah sentuhan lisan atau layar.
\”Robot DAL-e menawarkan layanan pelanggan otomatis kapan saja. Ini diharapkan menjadi pembawa pesan yang konsisten kepada pelanggan dengan cara lebih intim dan pribadi daripada robot konvensional,” ucap Wakil Presiden dan Kepala Lab Robotika di Hyundai Motor Group, Dong Jin Hyun.