Indonesia tercatat sebagai negara dengan jumlah penggemar K-Pop terbesar di dunia maya pada 2021, berdasarkan laporan Twitter yang dirilis pada Rabu (26/1), dan didasarkan menurut unique authors. Posisi kedua negara dengan penggemar K-Pop terbanyak menurut Twitter adalah Jepang, diikuti dengan Filipina, Korea Selatan, dan Amerika Serikat.
Posisi ke-enam ada Thailand, diikuti dengan Brazil, Meksiko, India, dan Malaysia di posisi ke-10. Meski begitu, Twitter tidak merilis secara resmi soal jumlah akun yang teridentifikasi sebagai penggemar K-Pop tersebut.
Posisi Indonesia kemudian diikuti oleh Filipina, Korea Selatan, Thailand, Amerika Serikat, Meksiko, Malaysia, Brazil, India, dan Jepang.
Perolehan Indonesia ini adalah tahun kedua setelah pada tahun lalu juga menempati status negara dengan jumlah twit soal K-Pop terbanyak di dunia.
Sementara itu, BTS (@BTS_twt) menempati peringkat pertama artis K-pop yang paling dibicarakan di Twitter baik di tingkat global maupun Indonesia. Konser BTS Permission to Dance On Stage – LA yang diselenggarakan secara langsung menjadi salah satu momen penting yang berkontribusi terhadap lebih dari 68 juta twit secara global.
Kemudian NCT (@NCTsmtown) menempati posisi kedua artis K-pop yang paling banyak dibicarakan di Twitter secara global. Ini merupakan kali kedua NCT berada di posisi tersebut.
Adapun posisi 10 besar pada kategori ini ditempati oleh ENHYPEN (@ENHYPEN_members), EXO (@weareoneEXO), Blackpink (@BLACKPINK), TXT (@TXT_members), Treasure (@treasuremembers), SEVENTEEN (@pledis_17), ATEEZ (@ATEEZofficial), dan Stray Kids (@Stray_Kids).
Sedikit berbeda dengan urutan secara global, artis K-Pop yang paling banyak dibicarakan di Indonesia di posisi ke-dua adalah \’adik\’ dari BTS, TOMORROW X TOGETHER alias TXT (@TXT_members), diikuti Treasure (@treasuremembers), aespa (@aespa_official), dan posisi ke-lima ada ITZY (@ITZYofficial).
BTS hingga EXO menjadi beberapa artis K-pop yang telah mendominasi jagat Twitter Indonesia sejak lama. Pada 2018, tagar #BTS digunakan oleh penggemar mereka, ARMY, untuk mencari dan berbagi informasi mengenai idola mereka.
BTS, EXO, Seventeen, dan NCT juga mendominasi dunia Twitter pada 2019, di mana BTS menjadi grup yang paling dibicarakan di Indonesia, diikuti EXO dan SEVENTEEN.
#BTS juga menjadi yang paling banyak digunakan pecinta K-pop tanah air. #EXO dan #NCT menyusul di peringkat dua dan tiga kala itu.
Twitter juga merilis daftar artis K-pop pendatang baru yang paling banyak dibicarakan secara global di media sosial itu. ENHYPEN (@ENHYPEN_members) merajai kategori ini, diikuti TXT (@TXT_members), Treasure (@treasuremembers), aespa (@aespa_official), dan ITZY (@ITZYofficial) di posisi 5 besar.
Sementara itu, IVE (@IVE_twt), CRAVITY (@CRAVITY_twt), WEi (@WEi_Member), ONEUS (@official_ONEUS), dan CIX (@CIX_twt) menyusul sekaligus melengkapi posisi 10 besar.
Pada 2021, perbincangan soal K-Pop kembali merajai percakapan di Twitter dengan peningkatan jumlah twit secara global dari 6,7 miliar pada 2020 menjadi 7,8 miliar.
Peningkatan ini menggambarkan semakin ramainya percakapan tentang K-pop di Twitter. Keramaian ini juga berimbas ke berbagai hiburan lain karena terus mendapat perhatian dari masyarakat dunia.
Percakapan tentang drama Korea (drakor), film, webtoon, dan berbagai hiburan lainnya mengalami peningkatan tahun ini. Webtoon yang diadaptasi menjadi drakor disambut meriah oleh penonton, dengan True Beauty, Sweet Home, dan Navillera menjadi webtoon yang paling banyak dibicarakan di Twitter.
Dilansir dari: cnnindonesia.com