Sebanyak 40 persen dari total penjualan album K-Pop pada paruh pertama tahun 2023 berasal dari artis-artis yang berada di bawah naungan HYBE, termasuk Jimin BTS, SEVENTEEN, TXT, ENHYPEN, LE SSERAFIM, dan NewJeans.
Berdasarkan data terbaru yang dirilis oleh Circle Chart dari Januari hingga Juni tahun ini, total penjualan album artis K-Pop mencapai 55 juta kopi. Dari angka tersebut, sebanyak 40,4 persen atau 22 juta kopi diantaranya terjual oleh enam artis yang berada di bawah manajemen HYBE.
Masing-masing dari keenam artis tersebut tergabung dalam label musik individu yang dimiliki oleh HYBE. Misalnya, Jimin BTS dan TXT dikelola oleh BIGHIT MUSIC, SEVENTEEN oleh Pledis Entertainment, ENHYPEN oleh Belift Lab, LE SSERAFIM oleh Source Music, dan NewJeans oleh ADOR.
Baca juga :
SEVENTEEN berhasil mencatat rekor penjualan tertinggi dengan menjual 8,9 juta album selama periode yang sama. Angka ini mencakup penjualan dari album 2023 mereka yang berjudul ‘FML’, serta album-album sebelumnya.
Sementara itu, girl group juga tampil menonjol dalam hal streaming dan unduhan musik secara online, di mana lima dari 10 lagu digital paling populer berasal dari NewJeans dan LE SSERAFIM.
Baca juga :
Lagu-lagu seperti ‘Ditto’, ‘OMG’, dan ‘Hype Boy’ dari NewJeans menjadi tiga lagu yang paling banyak diputar dan diunduh pada paruh pertama tahun 2023, menurut data dari Circle Chart. Lagu debut mereka yang berjudul ‘Attention’ juga berhasil menempati posisi ketujuh dalam daftar lagu yang paling banyak diputar dan diunduh, sementara ‘ANTIFRAGILE’ dari LE SSERAFIM berada di urutan kesembilan.
HYBE menarik kesuksesan ini dengan strategi multi-labelnya, di mana perusahaan mengakuisisi agensi K-Pop yang lebih kecil dan memberikan dukungan sistem yang lebih besar untuk membiarkan mereka mengejar gaya musik mereka sendiri. “Hasil luar biasa datang dari kekuatan strategi multi-label HYBE,” kata perusahaan itu dalam siaran pers.
“HYBE memungkinkan kemandirian mutlak dari karya label untuk menjamin lahirnya konten super. Hal ini memungkinkan label kami BIGHIT MUSIC, Pledis Entertainment, Belift Lab, Source Music, ADOR, dan KOZ Entertainment untuk memenuhi potensi kreatif mereka dan menyediakan musik berkualitas tinggi untuk penggemar K-pop.”