Saat ini, kepopuleran seseorang di media sosial sangat bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan, di antaranya lewat endorsement.
Nilai yang ditawarkan lewat endorsement pun akan semakin tinggi seiring dengan semakin banyaknya follower dan kepopuleran orang tersebut.
Seperti empat artis Indonesia berikut ini, yang dengan kepopulerannya bisa mematok tarif endorse yang sangat mahal.
Siapa sajakah mereka? Berikut daftarnya dirangkum dari berbagai sumber.
1. Raditya Dika
![]() Raditya Dika (Screenshot instagram @raditya_dika) |
Dalam laporan \’Instagram Rich List 2019\’ yang dipublikasikan HopperHQ, Komika sekaligus penulis ini berada di peringkat ke-35 sebagai selebgram dengan tarif endorse termahal di dunia. Adapun Raditya Dika menjadi satu-satunya selebgram yang masuk dalam daftar ini.
Di Indonesia, dia berada di posisi pertama sebagai artis dengan tarif endorse termahal. HopperHQ memperkirakan tarif endorse Raditya Dika mencapai US$83.600 atau setara Rp 1,16 miliar (asumsi US$1 = Rp 14.000) sekali posting.
2. Syahrini
![]() Mukena Syahrini |
Laporan HopperHQ menyebut Syahrini sebagai artis yang memasang iklan endorse termahal kedua setelah Raditya Dika. Melalui kanal YouTube miliknya, Syahrini juga pernah mengatakan jika tarif endorsement-nya adalah Rp150 juta untuk satu kali postingan di akun Instagram miliknya.
Dengan 39,9 juta pengikut, tak heran jika pemilik akun Instagram @princessyahrini memasang tarif lumayan tinggi.
3. Raffi Ahmad
![]() Raffi Ahmad / Ismail |
Artis yang dijuluki Sultan Andara ini dikabarkan menjadi salah satu selebritas dengan tarif endorse tertinggi. Bahkan Raffi dan keluarganya juga menjadi salah satu selebritas yang paling laris di-endorse.
Kisaran biaya untuk endorsement keluarga tersebut, yakni harga paid promote sekitar Rp 20-27 juta untuk sehari (otomatis). Untuk Instagram foto yakni sekitar Rp 40-60 juta dan berjangka 1 bulan, sedangkan Instagram video yakni Rp 60-85 juta berjangka untuk 3 bulan.
Lalu untuk Instagram TV sekitar yakni sekitar Rp 125 juta untuk 1 bulan dan durasi 10 menit. Tidak hanya platform Instagram, Raffi juga membuka endorsement di YouTube, yakni sekitar Rp 200 juta hingga Rp 250 juta untuk durasi 1 tahun.
4. Ayu Ting Ting
![]() Aksi Panggung Ayu Ting Ting di HUT Transmedia (CNBC Indonesia/Tri Susilo) |
Penyanyi dangdut asal Depok ini juga masuk ke dalam jajaran artis dengan tarif endorse termahal di Indonesia. Dia menduduki posisi ke-4 dengan jumlah followers di Instagram yang mencapai lebih dari 52 juta akun.
Pemilik akun @ayutingting92 ini memiliki pengikut hampir menyamai jumlah followers dari akun Raffi dan Nagita. Namun, untuk tarif endorse-nya lebih murah, yakni sekitar Rp 17 juta untuk satu kali postingan di akun Instagram pribadinya.
Dilansir dari: cnbcindonesia.com