Situasi pandemi covid-19 tak memengaruhi penyelenggaraan Jakarta Fashion Week (JFW) tahun ini. Dengan memanfaatkan platform digital, JFW 2021 akan disiarkan secara live melalui TikTok.
Dalam merespons situasi sulit saat ini, JFW 2021 mengusung kampanye Inspiring Creativism. Hal ini sebagai cerminan bahwa situasi sulit yang terjadi saat ini tidak menjadi halangan bagi para pelaku mode Indonesia untuk tetap berkarya.
“Pandemi bukan merupakan momen bagi kita untuk menyerah. Terutama bagi insan-insan kreatif, khususnya di dunia fashion Indonesia. Sebaliknya, kita dapat mengubah pandemi menjadi momen yang penuh harapan, karena di dalamnya ada tantangan untuk menciptakan berbagai inovasi baru,” ujar CEO GCM Group Svida Alisjahbana, dikutip keterangan tertulis, Sabtu, 28 November 2020.
JFW 2021 menjadi perhelatan fashion pertama di Indonesia yang disiarkan melalui TikTok. Selain itu, seluruh rangkaian acara JFW 2021 hadir secara virtual melalui platform digital, seperti live stream melalui microsite JFW.TV, kanal media sosial resmi Jakarta Fashion Week, dan platform digital para partner.
Para desainer dan label tersebut adalah Ai Syarif 1965, Albert Yanuar, Amotsyamsurimuda, Bateeq, Batik Chic, Bima Wijaksana, Calla The Label, ETU, Eureka, Everyday, HAM! Jeansku, Hattaco, Iwan Tirta Private Collection, Jan Sober, Jenahara, Kami, Lekat, Nadjani, Pijakbumi, SARE Studio, Super Sentimental Secret Theory, Tities Sapoetra, Toton, Warning Clothing, Wilsen Willim, Yosafat Dwi Kurniawan, 3Mongkis, hingga Rinaldy Yunardi lewat lini Refounders.
Tahun ini, Rr Ayu Maulida Putri (Puteri Indonesia 2020), Putu Ayu Saraswati (Puteri Indonesia Lingkungan 2020), Jihane Almira Chedid (Puteri Indonesia Pariwisata 2020), bersama Jakarta Fashion Week 2021 Icons, Maria Karina dan Rizal Rama tampil di runway JFW 2021 membawakan koleksi terbaik para desainer.
JFW 2021 bersama Mandiri Private menampilkan sebuah peragaan khusus sebagai tribute untuk desainer kebanggaan Indonesia, Barli Asmara. Kompetisi Lomba Perancang Mode Menswear dan Lomba Perancang Aksesori kembali diselenggarakan. Begitu pula dengan ajang penghargaan Fashion Force Award.
Sementara itu, Dewi Fashion Knights akan menjadi penutup rangkaian acara JFW 2021 pada hari terakhir. Selain bekerja sama dengan Senayan City sebagai official production space JFW 2021, JFW juga didukung penuh oleh Lazada Indonesia, yang tahun lalu juga telah membantu mengamplifikasi JFW di platformnya.
Menggunakan teknologi live streaming, dua show JFW tahun lalu ditayangkan lewat fitur LazLive pada aplikasi Lazada, ditonton oleh lebih dari 35.500 orang. Melanjutkan sukses tersebut, tahun ini Lazada akan menayangkan sembilan show di aplikasi Lazada. Lengkap dengan fitur See Now By Now, sehingga masyarakat bisa membeli karya para desainer sambil tetap menonton show yang berlangsung.
“Lewat kolaborasi dengan JFW, Lazada ingin mendukung para desainer dan juga industri fashion dengan teknologi, agar fashion bisa diakses oleh masyarakat Indonesia secara luas, dan para desainer dapat menjangkau pencinta fashion di manapun mereka berada,” kata Chief Marketing Officer Lazada Indonesia Monika Rudijono.
“Kami juga telah mempersiapkan sebuah show spesial yaitu Style Space ‘The Show of Hearts’ yang mengapresiasi perjuangan dari hati para desainer dan akan menampilkan karya eksklusif dari lima desainer berbakat Indonesia, 3Mongkis, SSST, HAM! Jeansku, Nadjani juga Warning Clothing,” kata Monika.
Tahun ini, PT Mustika Ratu Tbk dipercaya menjadi official makeup & hairdo partner JFW 2021. Panasonic Gobel juga memberikan dukungan untuk JFW 2021 dan industri kreatif Indonesia. Mandiri Private juga menyatakan dukungan penuh bagi pelaku industri mode untuk tetap produktif dan optimistis.