Twitter melakukan analisis mendalam terhadap percakapan seputar K-pop dan menemukan 20 negara yang paling banyak membicarakan K-pop dengan 20 negara dengan penggemar K-pop terbanyak serta artis K-pop yang paling dibicarakan di dunia dan di Indonesia.
Seiring banyaknya penggemar yang aktif, Indonesia berada di peringkat pertama dalam daftar negara dengan jumlah Tweet tentang K-pop terbanyak selama dua tahun berturut-turut.
Selanjutnya, Filipina, Korea Selatan, Thailand, Amerika Serikat, Meksiko, Malaysia, Brazil, India, dan Jepang masuk dalam daftar 10 besar.
Percakapan seputar budaya Korea Selatan
Selain meningkatnya popularitas K-pop di seluruh dunia, percakapan di Twitter tentang berbagai hiburan dari Korea Selatan pun terus mendapatkan perhatian dari seluruh masyarakat di dunia.
Percakapan terkait drama Korea (drakor), film, webtoon, dan jenis konten hiburan lainnya terus berkembang di Twitter seluruh dunia.
Secara khusus, webtoon yang diadaptasi menjadi K-drama pun disambut hangat oleh audiens global seperti True Beauty, Sweet Home, dan Navillera menjadi webtoon yang paling banyak
dibicarakan di Twitter.
Ketika soundtrack resmi drama melibatkan artis K-pop terkenal, drama dan webtoon tersebut mengalami kenaikan jumlah penonton – seperti lagu ‘Sweet Night’ yang dibawakan oleh V BST untuk drama Itaewon Class.
Sebagai tempat bagi fans dan idola mereka saling terhubung, Twitter juga menjadi \”rumah\” bagi banyak pelaku industri hiburan Korea Selatan. Selain rapper terkenal Youngji (@dokgodieinsaeng) dan aktris Lee Se-young (@seyoung0703), bintang dari acara populer Street Woman Fighter, seperti Monika (@monikaaashin), Honey J (@__honey_j__), dan no:ze (@noze_world) pun membuat akun Twitter mereka pada semester ke-dua 2021.
Rencana Twitter 2022 Soal Konten Budaya Korea
Twitter berencana terus meluncurkan fitur dan program baru untuk menghadirkan beragam konten seru kepada penggemar K-culture di manapun mereka berada.
Selain memberikan dukungan kepada komunitas K-pop, Twitter juga memperluas kemampuan dan mengembangkan layanannya untuk mempromosikan berbagai konten K-culture lainnya.
Selama ini tercatat, sesi #TwitterBlueroom untuk film dan drama termasuk sesi tanya jawab dengan para pemain dari The Book of Fish, King Maker, The Red Sleeve, dan One Ordinary
Day, kemudian #FanTweets dan #BehindTheTweets untuk fans K-pop yang dimulai dengan anggota ROSÉ BLACKPINK membuka banyak peluang bagi para fans untuk saling terhubung dengan idola mereka dan berinteraksi secara real-time.
Di luar K-pop, Twitter juga melihat semakin berkembangnya berbagai percakapan terkait konten hiburan dari Korea Selatan. Hal ini karena fans K-pop yang tidak hanya membicarakan tentang musik favorit, pertunjukkan, konser, dan kehidupan sehari-hari mereka, tetapi juga menunjukkan
ketertarikan mereka terhadap drama dan webtoon yang diiringi oleh soundtrack dari grup K-pop favorit mereka.
Seiring dengan pertumbuhan konsumsi global terhadap konten hiburan Korea Selatan, Twitter berharap dapat melihat percakapan yang lebih beragam dan menyediakan lebih banyak konten yang dapat dinikmati oleh banyak orang #HanyaDiTwitter.