Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Sandiaga Uno memberikan dukungan penuh terhadap pengembangan animasi lokal. Salah satunya animasi Balpil yang merupakan animasi karya anak bangsa.
Animasi Balpil sebelumnya terpilih sebagai finalis di Program Kemenparekraf \”Apresiasi Kreasi Indonesia\” pada November 2021. Ditambah lagi, animasi ini mengangkat tema tentang kebinekaan. Sandi pun berharap animasi Indonesia terus berkembang.
\”Karakter-karakter di animasi Balpil keren. Patut diapresiasi dan dikembangkan lebih lanjut,\” kata Sandiaga Uno dalam keterangan tertulisnya.
Balpil mengisahkan sebuah robot AI masa depan yang ditugaskan mendampingi anak-anak sekawan Bhinnekaz. Mereka hendak berjuang mencegah Perang Dunia ke-3 yang berpotensi meluluhlantakkan bumi dan umat manusia.
Masing masing dari sekawan Bhinnekaz merepresentasikan satu dari empat sisi keseimbangan yakni, fisik, intelektual, sosial, spiritual di metaverse balpil. Dengan etos #empatHebatLimaSempurna yang mengusung tema kebhinekaan, sekawan anak remaja Indonesia di cerita fiksi ini akan didampingi Balpil untuk bekerjasama menghadapi segala tantangan di kehidupan mereka, dan umat manusia pada umumnya.
\”Di episode yang akan tayang di tanggal 1 Februari ini, animasi Balpil akan memberikan kejutan, termasuk adanya NFT terkait adegan di episode tersebut. Inovasi kreatif, keberagaman karakter dan cerita animasi ini juga menarik dan layak menjadi konsumsi masyarakat,\” ujar Tress Katarina Widjaja, selaku Direktur PT Anggana.
Kisah menarik Balpil juga mendapat dukungan dari PT. Anggana Catur Prima selaku produsen dan distributor Merek Dua Belibis. Mereka yakin, animasi karya anak bangsa bisa dilirik di dunia internasional.
\”Kami mendukung animasi Balpil yang istimewa juga, terkait tema keseimbangan dan kebhinekaan yang mereka usung,\” ucap Reggy Prabowo selaku Brand Manager Sambal Dua Belibis.
Tim animasi Balpil pun bersyukur mendapat dukungan dari produk lokal. Mereka berharap langkah ini akan diikuti pihak lain yang sama-sama mendukung karya dari dalam negeri.
\”Sudah saatnya produk konsumen lokal ber promosi dengan IP dari industri kreatif Indonesia sendiri. Balpil berterima kasih kepada Dua Belibis dan mengajak lebih banyak brand lokal lain untuk bekerjasama,\” tutup Holip Soekawan, Project Director animasi Balpil.
Dilansir dari: medcom.id